Duedue's life....

It's just a simply blog about me.... I'd like to tell about my activities,, my favorites,,, and all the fucking stuff I've done..

Wednesday, May 28, 2008

Mekanisme Demam


Demam atau febris merupakan suatu keadaan dimana terjadi peningkatan suhu tubuh, dimana suhu tersebut melebihi dari suhu tubuh normal.

Proses perubahan suhu yang terjadi saat tubuh dalam keadaan sakit lebih dikarenakan oleh zat toksin yang masuk kedalam tubuh. Umumnya, keadaan sakit terjadi karena adanya proses peradangan (inflamasi) di dalam tubuh. Proses peradangan itu sendiri sebenarnya merupakan mekanisme pertahanan dasar tubuh terhadap adanya serangan yang mengancam keadaan fisiologis tubuh. Proses peradangan diawali dengan masuknya zat toksin (mikroorganisme) kedalam tubuh kita. Mikroorganisme (MO) yang masuk kedalam tubuh umumnya memiliki suatu zat toksin tertentu yang dikenal sebagai pirogen eksogen. Dengan masuknya MO tersebut, tubuh akan berusaha melawan dan mencegahnya dengan memerintahkan tentara pertahanan tubuh antara lain berupa leukosit, makrofag, dan limfosit untuk memakannya (fagositosit). Dengan adanya proses fagositosit ini, tentara-tentara tubuh itu akan mengeluarkan senjata, berupa zat kimia yang dikenal sebagai pirogen endogen (khususnya IL-1) yang berfungsi sebagai anti infeksi. Pirogen endogen yang keluar, selanjutnya akan merangsang sel-sel endotel hipotalamus untuk mengeluarkan suatu substansi yakni asam arakhidonat. Asam arakhidonat dapat keluar dengan adanya bantuan enzim fosfolipase A2. Asam arakhidonat yang dikeluarkan oleh hipotalamus akan pemacu pengeluaran prostaglandin (PGE2). Pengeluaran prostaglandin dibantu oleh enzim siklooksigenase (COX). Pengeluaran prostaglandin akan mempengaruhi kerja dari termostat hipotalamus. Sebagai kompensasinya, hipotalamus akan meningkatkan titik patokan suhu tubuh (di atas suhu normal). Adanya peningkatan titik patokan ini dikarenakan termostat tubuh (hipotalamus) merasa bahwa suhu tubuh sekarang dibawah batas normal. Akibatnya terjadilah respon dingin/ menggigil. Adanya proses mengigil ( pergerakan otot rangka) ini ditujukan untuk menghasilkan panas tubuh yang lebih banyak. Dan terjadilah demam. (Ref : Fisiologi Sheerwood)

Bagi temen-temen yang ingin memberikan saran, silhkan add comment ja, okey!

9 Comments:

  • At 12:24 PM, Anonymous Anonymous said…

    akhirnya tercape juga impian lw,,,,
    udah bagusss kok non,,,,,he4
    keren2,,,,,,
    sangat ilmiah,,,,,,
    cuma 1 ajah degh comment gw,,,,
    "patofisiologi sherwood ato fisiologi sherwood?"

    -louis-

     
  • At 2:43 PM, Blogger Johanes nugroho said…

    ngomong2 leh kenal g...???
    Bahasamu semaniez orangnya lo...
    skali2 kunjungi blog-ku dong di WWW.JOHANNES-UKDC.BLOGSPOT.COM atau di e-mailq : sipnyot@yahoo.co.id.
    kebetulan aku kerja senin-jumat dan terus online ma internet jam 09.00-17.00, jadi mending pake yahoo massenger ja. ntar kalo situ g da tak kirim aja softwarenya jg g pa.
    ngomong2 aq cakep lho, kl g percaya kunjungi ja blogku key....
    salam kenal....ciayo....

     
  • At 4:27 PM, Anonymous Anonymous said…

    Keren bgt, Na. Blognya jd canggih bgt. Ini baru yang dinamakan Blogger. Tapi sekarang kok sepi ya??? Hehehehehehehehehe,,,
    Trus ada comment yang ngrayu2 lg. Kyanya bukan jd blog ilmiah, tapi jadinya blog BIRO JODOH.
    Wakakakakakakakakakakakakakak,,,,,
    -Secret Friend-

     
  • At 3:50 PM, Anonymous Anonymous said…

    nggak kok.aq orangnya low profil. he..he..he..tapi cakep kan??? ( ih..narziz banget..?) aq cuma pingin punya banyak temen yg juga mo diajak tuk maju n berguna bagi bangsa indonesia ( ih...kayak presiden pidato aza..). kebetulan bagi zapa aja yang bth semua informasi tentang IT+software2nya. moga2 minggu depan dah lengkap semua infonya di blogku...maklum skrg msh repot.GBU.

     
  • At 4:30 PM, Anonymous Anonymous said…

    hihiih..

    *senyum-senyum aja liat ada orang ngerayu cewek pake blog*

    eh, keycode-ku radectun. apa itu?

    btw, aku jg cakep loh.. hihihihi

     
  • At 12:11 PM, Anonymous Nug said…

    nanya dong
    emm
    1)jadi demam itu terjadi karena aksi tentara tubuh melawan penyakit y?
    2)klo demam diturunin pake obat (dokter puskesmasku biasa kasi paracetamol)berarti malah jelek dong? soalna "aksi" tentara tubuh jadi dipaksa turun pas lg lawan virus. gmn dong? @_@

    thx jawabannya~

     
  • At 2:53 PM, Anonymous cris said…

    nug..klo minum obat penurun panas bukan berarti menekan tentara tubuh buat ngelawan antigen..
    jadi gini,ibaratnya ketika kamu demam, 'set point' suhu kamu di hipotalamus setingannya berubah jadi lebih tinggi..jadi otomatis tubuh akan berusaha meningkatkan suhu sesuai sama settingan tadi dengan cara menggigil misalnya..
    makanya badan jd panas..tapi menggigil..
    nah..gunanya obat penurun panas dsini buat ngembaliin 'set point' tadi ke kondisi semula..biar suhu tubuh turun...jadi gak mempengaruhi tentara2 tadi...oke..

     
  • At 9:06 PM, Anonymous Anonymous said…

    buat tambahan aja.....
    gimana kalo vasokontriksi (makanisme penahanan suhu tubuh agar tidak lepas ke lingkungan) juga dibahas.....
    makasi

     
  • At 11:19 PM, Anonymous tenk said…

    Ewe ewe...

     

Post a Comment

<< Home